Atasi Kontaminan P-chloroaniline (PCA) dalam Tanah dengan Teknologi Biochar sebagai Solusi Hijau untuk Lingkungan dan Kesehatan!

Atasi Kontaminan P-chloroaniline (PCA) dalam Tanah dengan Teknologi Biochar sebagai Solusi Hijau untuk Lingkungan dan Kesehatan!

P-chloroaniline (PCA) adalah jenis amina aromatik klorin yang digunakan secara luas dalam berbagai industri seperti pestisida, plastik, pigmen, dan farmasi. Namun, sifatnya sebagai polutan organik persisten (POPs) menyebabkan akumulasi berbahaya di lingkungan, menimbulkan risiko toksisitas bagi manusia dan lingkungan.

Dalam beberapa dekade terakhir, perhatian yang semakin besar diberikan pada pengembangan teknologi yang efisien untuk mendegradasi senyawa aromatik klorin yang sulit diuraikan seperti PCA. Salah satu pendekatan yang menjanjikan adalah menggunakan kombinasi biochar dan zero-valent iron (nZVI) untuk mengatasi kontaminasi PCA dalam tanah.

Biochar, yang merupakan material karbon yang dihasilkan dari pirolisis biomassa, memiliki struktur pori yang sangat baik dan area permukaan yang tinggi. Sifat-sifat ini memungkinkan biochar untuk efektif menyerap senyawa organik, termasuk PCA, dari tanah. Di sisi lain, nZVI adalah partikel besi yang memiliki kemampuan oksidasi tinggi dan dapat secara efisien mendegradasi senyawa organik berbahaya.

Metode penggunaan biochar-modified nZVI (B-nZVI) telah berhasil digunakan dalam beberapa penelitian untuk mengatasi kontaminasi tanah. Pada dasarnya, proses remediasi ini melibatkan aktivasi PS dengan nZVI yang termodifikasi biochar, menghasilkan radikal bebas sulfat (SO4•−) yang sangat oksidatif. Radikal ini kemudian secara efisien mengoksidasi PCA menjadi senyawa yang lebih aman seperti CO2 dan H2O.

Hasil dari studi ini tidak hanya akan memberikan wawasan yang berharga tentang penggunaan teknologi ini dalam remediasi kontaminasi tanah PCA, tetapi juga dapat membuka jalan untuk pengembangan metode yang lebih efisien dan ramah lingkungan dalam mengatasi polutan organik yang sulit diuraikan dalam lingkungan kita. Dengan demikian, teknologi biochar-modified nZVI menjanjikan sebagai pendekatan yang inovatif dan berkelanjutan dalam upaya memperbaiki kualitas lingkungan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish