Atasi Pencemaran Logam Berat dengan Bio-Adsorben: Peran Penting Hidrokarbon dalam Lingkungan

Atasi Pencemaran Logam Berat dengan Bio-Adsorben: Peran Penting Hidrokarbon dalam Lingkungan

Pencemaran logam berat di lingkungan akuatik telah menjadi perhatian serius dalam beberapa tahun terakhir. Dampaknya merugikan baik bagi manusia maupun kehidupan akuatik. Namun, berbagai pendekatan telah diadopsi untuk mengatasi masalah ini, dengan adsorpsi menjadi salah satu metode yang paling diandalkan. Dalam konteks ini, hidrothermal karbonisasi telah muncul sebagai teknik menjanjikan untuk mempersiapkan bio-adsorben.

Hidrokarbon, yang dihasilkan melalui hidrothermal karbonisasi, menonjol karena kemampuannya untuk secara efektif menangkap logam berat dari lingkungan. Meskipun demikian, stabilitas hidrokarbon dalam sistem akuatik masih menjadi masalah yang perlu diatasi. Untuk mengatasinya, beberapa tahap pascapengolahan, seperti pirolisis atau kalsinasi, dapat dilakukan.

Selain itu, berbagai bahan baku telah digunakan sebagai dukungan karbon untuk mensintesis komposit hibrida dengan hidrokarbon. Salah satu contoh yang menarik adalah penggunaan lumpur limbah sebagai dukungan karbon, yang memberikan strategi inovatif dalam desain adsorben dan pemanfaatan limbah padat.

Dukungan lain yang menjanjikan adalah slag baja, limbah padat dari industri metalurgi. Slag baja memiliki sifat fisikokimia yang relatif inert, sehingga dapat menjadi dukungan yang efektif untuk hidrokarbon. Dengan memanfaatkan slag baja sebagai dukungan, penelitian telah berhasil mensintesis slag baja karbonisasi hidrotermal (HCSS) yang efektif dalam menghilangkan logam berat seperti Hg2+ dan Cr2O7 2− dari air limbah.

Eksperimen adsorpsi batch telah menunjukkan bahwa HCSS memiliki kapasitas yang superior dalam menghilangkan logam berat, dan aplikabilitasnya dalam praktik penyucian air limbah juga dievaluasi secara positif. Analisis yang mendalam telah dilakukan menggunakan berbagai pendekatan untuk mengungkapkan mekanisme reaksi yang terlibat, dengan demikian, penggunaan hidrokarbon sebagai bio-adsorben menjanjikan dalam menangani pencemaran logam berat di lingkungan akuatik. Langkah-langkah ini tidak hanya efektif dalam membersihkan air limbah, tetapi juga memberikan kontribusi yang signifikan dalam pemanfaatan limbah padat dan perlindungan lingkungan secara umum.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish