Berpikir Lebih Hijau tentang Manfaat Biochar dalam Menangani Polusi Air!

Berpikir Lebih Hijau tentang Manfaat Biochar dalam Menangani Polusi Air!

Biochar (BC) adalah salah satu solusi inovatif yang menarik perhatian dalam upaya meredam polusi air. Diproduksi melalui pirolisis berbagai jenis biomassa tumbuhan atau hewan, biochar memiliki potensi besar untuk memperbaiki kualitas air limbah dengan biaya yang rendah dan dampak lingkungan yang minim. Salah satu contoh pemanfaatan yang menarik adalah penggunaan cabang-cabang murbei (Morus spp.), tanaman ekonomi penting dengan pertumbuhan cepat dan adaptasi kuat.

Limbah cabang pohon murbei yang saat ini dibuang dapat diubah menjadi biochar (MBC), membuka peluang baru dalam pengelolaan limbah dan penggunaan sumber daya secara efisien. Biochar ini kemudian dijadikan penyangga untuk CuO, sebuah langkah yang meningkatkan kinerja katalitiknya dalam mengaktifkan degradasi polutan organik, seperti bisphenol A (BPA), yang sering terdeteksi dalam lingkungan air.

Tidak hanya efektif dalam mengurangi polutan, biochar juga memiliki dampak positif dalam mengatasi masalah polusi oksidatif yang mungkin terjadi selama proses degradasi. Penelitian menunjukkan bahwa biochar dapat berperan sebagai penyalur ideal untuk mendispersikan dan menstabilkan nanopartikel CuO, meningkatkan kemampuan katalitiknya secara signifikan.

Namun, penting untuk mempertimbangkan aspek keselamatan lingkungan secara keseluruhan. Oleh karena itu, eksperimen yang melibatkan larva ulat sutera dilakukan untuk mengestimasi toksisitas larutan degradasi akhir dan MBC/CuO yang disiapkan. Hal ini untuk memastikan bahwa solusi yang dihasilkan dari proses degradasi tidak menyebabkan bahaya bagi ekosistem dan manusia.

Dengan konsep ini, penggunaan biochar dari limbah cabang pohon murbei tidak hanya menawarkan solusi “win-win” dalam pengelolaan limbah dan perlindungan lingkungan, tetapi juga membuka potensi baru dalam menghasilkan bahan ramah lingkungan yang efisien dalam meredam polusi air.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish