Biochar dan Montmorillonite sebagai Inovasi Ramah Lingkungan untuk Menghilangkan Azitromisin dari Air Terkontaminasi

Biochar dan Montmorillonite sebagai Inovasi Ramah Lingkungan untuk Menghilangkan Azitromisin dari Air Terkontaminasi

Azitromisin (AZT), sebagaimana halnya dengan banyak antibiotik lainnya, merupakan komponen kritis dalam dunia farmasi. Namun, keberadaannya juga memberikan tantangan besar bagi lingkungan. Sebagai antibiotik generasi kedua yang berasal dari kelompok makrolida, AZT memiliki stabilitas yang superior dan spektrum yang luas dalam mengatasi berbagai jenis bakteri Gram-positif dan Gram-negatif. Namun, penggunaannya yang luas, terutama dalam mengatasi pandemi COVID-19, telah meningkatkan kekhawatiran akan dampaknya terhadap lingkungan.

Seperti halnya dengan banyak antibiotik lainnya, AZT juga diekskresikan dari tubuh dalam jumlah yang signifikan dan dapat ditemukan dalam air limbah dan sumber air. Hal ini dapat mengubah populasi mikroorganisme di lingkungan, memicu seleksi strain bakteri yang resisten, dan mengancam kesehatan manusia serta lingkungan.

Dalam upaya mengatasi masalah ini, beberapa metode telah diuji untuk menghilangkan AZT dari air terkontaminasi, termasuk adsorpsi, pemisahan membran, oksidasi kimia, degradasi fotokatalitik, dan penggunaan mikroorganisme untuk mengolah AZT. Namun, adsorpsi menonjol sebagai teknologi yang paling menjanjikan karena efisiensinya yang tinggi, biaya yang rendah, dan kemudahan penggunaannya. Namun, adsorpsi menggunakan biochar saja memiliki keterbatasan karena ukuran pori yang tidak cocok dengan ukuran ioni AZT.

Untuk mengatasi masalah ini, peneliti terfokus pada penggunaan komposit biochar dengan mineral montmorillonit (MMT). MMT adalah mineral tanah liat yang memiliki kapasitas pertukaran kation tinggi dan struktur pori yang baik, menjadikannya pilihan yang menarik untuk membersihkan air limbah. Penggunaan MMT dalam komposit dengan biochar meningkatkan efisiensi adsorpsi dan memberikan solusi yang ramah lingkungan.

Mereka menyoroti penggunaan komposit biochar-MMT yang diaktivasi dengan karbon dioksida (CO2) untuk menghilangkan AZT dari air terkontaminasi. Metode ini tidak hanya efektif namun juga berpotensi menjadi solusi yang berkelanjutan untuk masalah pencemaran antibiotik dalam lingkungan.

Oleh karena itu, penggunaan biochar dan montmorillonit sebagai adsorben untuk mengatasi masalah pencemaran AZT tidak hanya memberikan solusi praktis, tetapi juga mengutamakan keberlanjutan lingkungan. Diharapkan bahwa inovasi ini dapat memberikan kontribusi yang berarti dalam menjaga keseimbangan ekosistem dan kesehatan manusia dari dampak negatif antibiotik dalam lingkungan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish