Biochar dari Biji Zaitun: Solusi Ramah Lingkungan untuk Penghilangan Zat Farmasi Aktif dari Air Limbah

Biochar dari Biji Zaitun: Solusi Ramah Lingkungan untuk Penghilangan Zat Farmasi Aktif dari Air Limbah

Industri produksi minyak zaitun telah menjadi bagian penting dari ekonomi global, dengan Spanyol sebagai salah satu produsen utama. Namun, masalah keberlanjutan muncul dari limbah yang dihasilkan, terutama limbah pabrik minyak zaitun dan limbah padat seperti pulp dan biji zaitun. Tantangan ini mendorong penelitian untuk mengembangkan solusi yang ramah lingkungan dan ekonomis.

Salah satu inovasi menarik adalah penggunaan biochar dari biji zaitun (OSBC), baik dalam bentuk asli maupun setelah dimagnetisasi (MAG–OSBC), sebagai sorben untuk menghilangkan zat farmasi aktif (PhACs) dari air limbah. Biochar ini telah terbukti efektif dalam mengikat Clofazimine (CLOF), obat antimikroba yang penting untuk pengobatan kusta dan tuberkulosis.

Penelitian telah mengeksplorasi berbagai karakteristik biochar, termasuk morfologi, tekstur, fungsionalitas permukaan, dan stabilitas termalnya. Hasil analisis menunjukkan bahwa MAG–OSBC memiliki luas permukaan yang lebih besar dan volume pori yang lebih tinggi, menjadikannya sorben yang sangat efisien.

Pengujian adsorpsi batch menggunakan desain Box–Behnken (BB) menunjukkan bahwa kedua jenis biochar ini memiliki efisiensi adsorpsi yang tinggi, dengan MAG–OSBC mencapai efisiensi hingga 98,61%. Model kesetimbangan Langmuir dan Freundlich cocok dengan data adsorpsi, dengan kapasitas adsorpsi maksimum mencapai 174,03 mg/g untuk MAG–OSBC.

Keunggulan utama dari penggunaan biochar dari biji zaitun adalah kemampuannya untuk mengatasi masalah keberlanjutan dan lingkungan. Bahan ini berasal dari limbah agro, mengubah limbah menjadi sumber daya yang bernilai. Selain itu, dengan pendekatan adsorpsi berstruktur ekologi, proses penghilangan PhACs menjadi lebih efisien dan ramah lingkungan.

Dengan adanya peningkatan kesadaran akan pentingnya pengelolaan limbah dan keberlanjutan, penggunaan biochar dari biji zaitun sebagai sorben menjadi pilihan yang menarik dan berpotensi untuk aplikasi yang luas dalam pengolahan air limbah farmasi dan industri lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish