Biochar sebagai Alternatif dalam Mengatasi Polusi Farmasi di Air!

Biochar sebagai Alternatif dalam Mengatasi Polusi Farmasi di Air!

Di tengah meningkatnya kesadaran akan pentingnya menjaga kualitas air, masalah polusi farmasi menjadi perhatian utama di seluruh dunia. Senyawa-senyawa obat yang terus-menerus dibuang ke dalam lingkungan mengancam keberlangsungan ekosistem air dan kesehatan manusia. Namun, adopsi biochar sebagai bahan remediasi telah menunjukkan potensi besar dalam mengatasi tantangan ini.

Studi menyoroti bahwa obat-obatan farmasi tidak hanya bermanfaat dalam pengobatan, tetapi juga menjadi sumber polusi organik baru di air. Dari indomethacin hingga ibuprofen, senyawa-senyawa ini, dikenal sebagai NSAID (non-steroidal anti-inflammatory drugs), ditemukan dalam konsentrasi yang bervariasi dalam air permukaan, air tanah, bahkan air minum. Ini menimbulkan tantangan serius bagi instalasi pengolahan air limbah konvensional yang tidak mampu sepenuhnya menghilangkan senyawa-senyawa ini.

Biochar, yakni sebuah bahan karbon yang dihasilkan dari dekomposisi termal biomassa dalam kondisi tanpa oksigen, telah menarik perhatian sebagai alternatif yang berpotensi dalam mengatasi polusi farmasi. Berkat sifat-sifat intrinsiknya, biochar menawarkan solusi yang efektif dan ramah lingkungan:

  • Biaya Rendah dan Ramah Lingkungan: Biochar mudah didapatkan, murah, dan tidak beracun, membuatnya menjadi pilihan yang berkelanjutan untuk penggunaan dalam remediasi lingkungan.
  • Kemampuan Adsorpsi Tinggi: Dengan luas permukaan spesifik yang tinggi dan volume pori besar, biochar mampu menyerap senyawa-senyawa berbahaya seperti NSAID dengan efisien.
  • Modifikasi Permukaan: Biochar dapat dimodifikasi dengan menambahkan kelompok fungsional atau menggabungkannya dengan logam seperti besi dan seng, meningkatkan kemampuan adsorpsi dan mengoptimalkan proses penghilangan kontaminan.

Penemuan telah menyoroti terobosan dalam penggunaan biochar untuk mengatasi polusi farmasi. Modifikasi permukaan biochar dengan oksida besi, zinc oxide, atau kelompok fungsional tertentu telah terbukti meningkatkan efisiensi penghilangan senyawa-senyawa berbahaya dari air. Langkah-langkah ini tidak hanya meningkatkan kemampuan adsorpsi biochar tetapi juga membuka peluang untuk pengembangan solusi yang lebih inovatif dalam bidang remediasi lingkungan.

Dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya menjaga kualitas air, perlunya solusi yang efektif dan berkelanjutan untuk mengatasi polusi farmasi menjadi semakin mendesak. Biochar, dengan sifat-sifat uniknya dan potensi untuk dimodifikasi, menjanjikan solusi yang menarik dalam upaya untuk membersihkan air dari senyawa-senyawa berbahaya. Melalui penelitian dan inovasi yang terus menerus, kita dapat memanfaatkan potensi biochar sebagai alat penting dalam melindungi lingkungan dan kesehatan masyarakat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish