Biochar, Solusi Berkelanjutan untuk Pengolahan Air!

Biochar, Solusi Berkelanjutan untuk Pengolahan Air!

Air adalah sumber kehidupan yang tak terbantahkan bagi planet kita, penting untuk menjaga kelangsungan semua bentuk kehidupan. Namun, dengan pertumbuhan cepat populasi global, permintaan air melonjak, menyebabkan peningkatan konsumsi air dan pembuatan air limbah. Selain itu, keberadaan obat-obatan dalam proses pengolahan air limbah konvensional dan di lingkungan menyoroti ketidakmampuan metode pengolahan air limbah saat ini dalam menghilangkan polutan dengan efektif. Masalah mendesak ini telah mendorong inovasi dalam teknologi pengolahan air dan air limbah, dengan fokus khusus pada fotokatalisis yang ditingkatkan oleh biochar.

Biochar, yang berasal dari pirolisis biomassa dalam lingkungan bebas oksigen, telah muncul sebagai bahan yang menjanjikan untuk meningkatkan efisiensi proses fotokatalisis, khususnya dalam pengolahan air. Dalam sebuah penelitian, para peneliti menyelidiki efektivitas fotokatalis TiO2 yang dimodifikasi dengan biochar dalam oksidasi obat-obatan β-blocker seperti metoprolol dan propranolol dari sumber air.

Penelitian tersebut menggunakan metode sol-gel untuk mempersiapkan fotokatalis TiO2 yang dimodifikasi dengan biochar, mempertimbangkan faktor-faktor seperti jenis fotokatalis, keberadaan ion anorganik, bahan organik terlarut, dan matriks air yang berbeda. Hasilnya mengungkapkan peningkatan yang signifikan dalam aktivitas fotokatalisis cahaya tampak dari fotokatalis TiO2 yang dimodifikasi dengan biochar dibandingkan dengan fotokatalis TiO2 tradisional, terutama dalam penghilangan polutan β-blocker.

Salah satu keuntungan utama dari fotokatalisis yang ditingkatkan oleh biochar adalah kemampuannya untuk menggunakan cahaya tampak, menjadikannya lebih efisien energi daripada proses fotokatalisis yang bergantung pada UV. Selain itu, biochar menawarkan manfaat lingkungan karena dapat berasal dari sumber biomassa yang berkelanjutan, berkontribusi pada penyerapan karbon dan pengurangan limbah.

Dalam menilai efektivitas metode pengolahan air, penting untuk tidak hanya mempertimbangkan penurunan konsentrasi polutan tetapi juga mengevaluasi toksisitas sampel air yang diolah. Pengujian ekotoksisitas menggunakan tanaman dan bakteri memainkan peran penting dalam menentukan keselamatan dan dampak lingkungan dari proses pengolahan air secara keseluruhan.

Integrasi fotokatalis TiO2 yang dimodifikasi dengan biochar ke dalam sistem pengolahan air mewakili pendekatan yang berkelanjutan dan efektif untuk mengatasi tantangan polusi air. Dengan memanfaatkan kekuatan fotokatalisis yang ditingkatkan oleh biochar, kita dapat bekerja menuju perlindungan sumber daya air kita yang berharga dan mempromosikan lingkungan yang lebih bersih dan sehat untuk generasi mendatang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish