Dampak Lingkungan dari Produk Perawatan Pribadi (PPCPs) dan Peran Biochar dalam Pengolahan Polutan Organik!

Dampak Lingkungan dari Produk Perawatan Pribadi (PPCPs) dan Peran Biochar dalam Pengolahan Polutan Organik!

Kerusakan lingkungan akibat pembuangan polutan berlebihan telah menimbulkan kekhawatiran besar di seluruh dunia. Produk perawatan pribadi (PPCPs), termasuk antibiotik, obat-obatan, kosmetik, dan fungisida, telah menjadi ancaman serius bagi lingkungan perairan. Antibiotik, sebagai contoh, digunakan luas dalam bidang kedokteran, pencegahan penyakit hewan, akuakultur, dan peternakan. Meskipun digunakan dalam konsentrasi kecil, antibiotik memiliki dampak yang parah pada lingkungan dan kesehatan manusia, bahkan pada tingkat jejak.

Salah satu contoh antibiotik yang umum digunakan adalah Siprofloksasin (CIP), generasi ketiga kuinolon. Karena stabilitas kimianya dan aktivitas antimikroba, CIP sering terdeteksi dalam lingkungan perairan melalui sumber-sumber seperti pembuangan domestik, limbah rumah sakit, dan air limbah industri farmasi. Dampak toksisitas tinggi dan kesulitan degradasi CIP mendorong perlunya metode pengolahan yang efektif.

Salah satu pendekatan yang menjanjikan adalah melalui penggunaan biochar sebagai adsorben untuk mengatasi polutan organik. Biochar, material karbon yang dihasilkan dari pirolisis biomassa, memiliki karakteristik permukaan yang berpori dan kaya akan kelompok fungsional oksigen. Ini memberikan biochar kinerja adsorpsi yang baik terhadap senyawa organik, termasuk antibiotik seperti CIP.

Penelitian terbaru telah mengembangkan nanomaterial bimetalik besi–tembaga magnetik berbasis biochar corncob (MBC) sebagai solusi inovatif. MBC disintesis melalui metode kopolimerisasi dan pirolisis, yang memungkinkan fungsi pemuatan dan dispersi biochar untuk mengatasi agregasi logam, sementara karbon berbasis mempromosikan aktivasi hidrogen peroksida. Hal ini membuat MBC memiliki sifat magnetik yang sesuai, mudah didaur ulang, dan efisien dalam menghilangkan polutan organik seperti CIP dari air limbah, termasuk air limbah medis.

Penerapan teknologi ini tidak hanya memberikan solusi efektif dalam pengolahan air limbah, tetapi juga mendukung pemanfaatan sumber daya limbah dan penghematan biaya secara keseluruhan. Dengan pendekatan yang menarik dan mudah dipahami seperti ini, pengembangan biochar dan nanomaterial terkait dapat menjadi langkah penting dalam menjaga keberlanjutan lingkungan dan kesehatan manusia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish