Inilah Peran Biochar dalam Mitigasi Eutrofikasi dan Pengembangan Supercapacitor!

Inilah Peran Biochar dalam Mitigasi Eutrofikasi dan Pengembangan Supercapacitor!

Pencemar industri dan pertanian telah mengubah ekosistem air, meningkatkan konsentrasi nutrisi seperti nitrogen dan fosfor di lautan, laut, dan sungai. Dampaknya tidak hanya terbatas pada lingkungan setempat, tetapi juga memiliki konsekuensi global yang merusak. Salah satu dampak yang paling terlihat adalah eutrofikasi, di mana pertumbuhan alga makro meluas secara berlebihan, menyebabkan kerusakan yang serius pada ekosistem air.

Di tengah masalah ini, penelitian telah fokus pada penggunaan mikroalga sebagai sumber biofuel yang berkelanjutan untuk mengurangi eutrofikasi. Namun, produksi biofuel dari mikroalga belum sepenuhnya berhasil komersialisasi karena tantangan ekonomi dan teknis yang signifikan. Di sinilah peran biochar, sebuah produk sampingan dari konversi termokimia makroalga, menjadi penting. Biochar adalah bahan yang diperoleh dari pembakaran biomassa dalam oksigen terbatas, yang dapat digunakan untuk aplikasi serbaguna dalam konversi dan penyimpanan energi.

Keunggulan biochar alga terletak pada kemampuannya untuk mengalami aktivasi sendiri dan doping nitrogen selama proses termal, karena kandungan nutrisi yang melimpah dalam struktur alga. Namun, untuk digunakan dalam superkapasitor, biochar alga memerlukan modifikasi fisik dan kimia yang lebih lanjut untuk meningkatkan kinerja elektrokimianya.

Salah satu praktek yang digunakan adalah penggunaan bahan pesocapacitive, seperti oksida kobalt, yang dapat meningkatkan kapasitas dan kinerja superkapasitor. Biochar alga dapat diubah menjadi komposit dengan oksida kobalt untuk meningkatkan kapasitansi spesifiknya.

Selain itu, desain superkapasitor asimetris (ASCs) juga menjadi fokus penelitian. Dalam studi ini, ASCs yang hemat biaya dibuat dengan menggunakan komposit baru yang mengandung oksida kobalt dan biochar alga fungsional. Komposit ini memiliki struktur mikro tile-like yang saling terhubung, meningkatkan kinerja energi, daya, dan masa pakai superkapasitor.

oleh karena itu, biochar alga menawarkan solusi yang menarik untuk dua tantangan besar: mengurangi eutrofikasi dan mengembangkan teknologi penyimpanan energi yang lebih efisien. Dengan penelitian dan pengembangan lebih lanjut, biochar dapat menjadi komponen kunci dalam menciptakan solusi berkelanjutan untuk masalah lingkungan dan energi global.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish