Inovasi Terbaru dalam Penggunaan Biochar, Penghilangan Logam Berat dengan Bantuan Nanoscale Zero-Valent Iron!

Inovasi Terbaru dalam Penggunaan Biochar, Penghilangan Logam Berat dengan Bantuan Nanoscale Zero-Valent Iron!

Biochar, sebuah bahan yang semakin dikenal karena potensinya dalam remediasi lingkungan, telah menjadi sorotan utama dalam upaya mengatasi masalah kontaminasi oleh logam berat dan bahan organik berbahaya. Salah satu inovasi terbaru yang menjanjikan adalah penggunaan Biochar dalam kombinasi dengan Nanoscale Zero-Valent Iron (nZVI), sebuah materi yang memiliki luas permukaan spesifik yang besar dan tingkat reaktivitas yang tinggi.

Masalah utama dalam penggunaan nZVI adalah stabilitasnya yang rendah dan rentan terhadap aglomerasi serta oksidasi oleh bahan kimia non-target. Hal ini telah menjadi hambatan besar dalam penerapannya untuk tujuan remediasi lingkungan. Namun, para peneliti telah berfokus pada pengembangan metode yang meningkatkan stabilitas dan dispersi partikel nZVI.

Salah satu metode yang telah banyak digunakan melibatkan reduksi fase cair dari Fe3+ atau Fe2+ menjadi nZVI, yang kemudian didispersikan pada bahan berpori seperti zeolit, attapulgite, grafit, jerami gandum, serat batuan wol bekas yang terfungsionalisasi, dan tentu saja, biochar. Penyelidikan lebih lanjut juga dilakukan menggunakan polivinil alkohol (PVA)-alginate untuk meningkatkan stabilitas nZVI.

Meskipun metode ini telah terbukti efektif, penggunaan agen reduksi mahal dan beracun seperti borohidrida serta perlunya perlindungan N2 atau pemrosesan vakum selama pembuatan telah menimbulkan masalah biaya dan polusi lingkungan.

Dalam mencari alternatif yang lebih ramah lingkungan, metode reduksi karbotermik muncul sebagai pilihan menarik. Dalam metode ini, prekursor kaya Fe dicampur dengan biomassa dan dibakar di bawah kondisi rendah oksigen. Namun, meskipun potensinya yang besar, perilaku reduksi dari prekursor kaya Fe masih belum sepenuhnya dipahami.

Penelitian telah menyoroti peran biochar dalam memfasilitasi proses penghilangan logam berat seperti Cu(II) dalam komposit dengan nZVI. Mekanisme yang mendasarinya masih perlu dipelajari lebih lanjut untuk memahami sepenuhnya potensi remediasi dari komposit nZVI-biochar. Diharapkan bahwa temuan dari penelitian ini dapat membuka jalan baru menuju metode remediasi yang lebih efisien, ramah lingkungan, dan terjangkau.

Dengan kolaborasi yang terus menerus antara ilmuwan, teknisi, dan pakar lingkungan, kita dapat mencapai kemajuan yang signifikan dalam upaya menyelamatkan lingkungan kita dari dampak negatif kontaminasi bahan berbahaya. Biochar dengan nZVI mewakili salah satu langkah penting dalam arah yang benar menuju masa depan yang lebih bersih dan lebih berkelanjutan bagi generasi mendatang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish