Membantu Lingkungan dengan Biochar untuk Masalah Antibiotik dalam Air Limbah!

Membantu Lingkungan dengan Biochar untuk Masalah Antibiotik dalam Air Limbah!

Perhatian terhadap akumulasi antibiotik di lingkungan semakin meningkat. Salah satu antibiotik yang paling mencolok adalah ciprofloxacin (CIP), yang dikenal sebagai antibiotik fluoroquinolone dengan efek antibakteri. Studi menunjukkan bahwa hewan jarang menyerap CIP secara aktif; sebagian besar CIP diekskresikan secara pasif dari tubuh melalui proses metabolisme dan kemudian memasuki siklus biosfer setelah melalui pengolahan air limbah. Akumulasi CIP dapat menyebabkan kerusakan pada lingkungan dan kesehatan manusia dengan menghasilkan patogen yang resisten terhadap obat. Oleh karena itu, diperlukan metode pengolahan yang efisien untuk menghilangkan CIP dari lingkungan.

Salah satu solusi inovatif yang telah diperkenalkan adalah teknologi oksidasi fotokatalitik, yang dianggap sebagai metode paling cocok untuk mendegradasi CIP dalam air limbah karena efisiensinya yang tinggi dan perlindungan terhadap lingkungan. Meskipun TiO2 adalah bahan fotokatalitik yang paling umum, namun hanya merespons cahaya ultraviolet, sehingga penggunaan sinar matahari rendah. Untuk meningkatkan penggunaan sinar matahari dan responsibilitas cahaya terlihat, banyak peneliti mempertimbangkan senyawa berbasis Bi, terutama BiOBr, yang memiliki responsibilitas tinggi terhadap cahaya terlihat dan efektif menggunakan sinar matahari.

Dalam upaya meningkatkan efisiensi pemisahan pasangan elektron-lubang, BiOBr sering dikompositkan dengan berbagai bahan seperti C3N4, TiO2, Ag, Bi2WO6, BiOX, dan oksida grafit. Namun, biaya tinggi dan proses sintesis yang rumit menjadi kendala dalam penggunaan bahan-bahan tersebut. Oleh karena itu, alternatif yang lebih ekonomis dan berkelanjutan seperti biochar mulai diminati. Biochar, yang dibuat melalui proses pirolisis dari limbah pertanian seperti jerami jagung, menawarkan gugus fungsional yang melimpah, luas permukaan spesifik yang besar, dan harga yang lebih terjangkau.

Dalam konteks ini, biochar yang dikompositkan dengan BiOBr melalui metode solvothermal menjadi pilihan menarik. Dalam sebuah studi, material komposit C/BiOBr diteliti secara mendalam untuk kapasitas adsorpsi dan kinerja fotokatalitiknya terhadap degradasi CIP di bawah cahaya terlihat, hasilnya menunjukkan bahwa komposit tersebut memiliki potensi yang signifikan dalam mengatasi masalah CIP dalam air limbah. Disini kita dapat melihat gambaran bagaimana biochar sebagai alternatif yang menjanjikan dalam mengatasi masalah lingkungan terkait antibiotik dalam air limbah. Dengan kombinasi teknologi oksidasi fotokatalitik dan biochar, diharapkan dapat memberikan kontribusi yang berarti dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish