Mengatasi Ancaman Karsinogen Kromium (Cr) dengan Biochar

Mengatasi Ancaman Karsinogen Kromium (Cr) dengan Biochar

Kromium (Cr) adalah karsinogen yang tersebar luas di lingkungan, terutama dilepaskan oleh industri penyamakan kulit, elektroplating, pencetakan, dan pewarnaan. Karsinogen ini terus terakumulasi dalam tubuh melalui rantai makanan dan dapat menyebabkan kerusakan hati, gagal ginjal, dan bahkan kanker jika konsentrasinya berlebihan. Bentuk-bentuk Cr yang umum adalah trivalen dan heksavalen, yang dapat berubah satu sama lain di bawah kondisi tertentu. Kromium heksavalen [Cr(VI)] adalah salah satu bentuk paling beracun yang ada di lingkungan, dan penghilangannya dari air telah menjadi perhatian utama.

Pengobatan saat ini untuk air limbah yang mengandung kromium mencakup berbagai metode seperti adsorpsi, presipitasi, elektrolisis, pertukaran ion, dan pemisahan membran. Namun, pemisahan padatan dan cairan selama pengobatan kromium dengan karbon biomassa, seperti biochar, masih menjadi tantangan utama. Biochar dianggap sebagai teknologi yang sederhana, efisien, dan ekonomis untuk menghilangkan Cr(VI) dari air. Namun, penggunaan praktisnya terbatas oleh masalah pemisahan padatan dan cairan.

Penelitian menunjukkan bahwa magnetisasi dapat menjadi solusi potensial untuk mengatasi masalah pemisahan tersebut. Produk dari proses magnetisasi biochar menunjukkan sifat paramagnetik yang kuat, memudahkan pemisahan padatan dan cairan selama pengobatan.

Studi-studi yang dilakukan oleh para peneliti menunjukkan progres yang signifikan dalam penggunaan biochar dan nanopartikel bimagnetik untuk menghilangkan Cr(VI) dari air limbah. Biochar magnetik ampas tebu (BMBC) yang disiapkan dalam studi ini menunjukkan efektivitas yang tinggi dalam menghilangkan Cr(VI) dari air, bahkan dalam kondisi pH yang berbeda, dosis yang bervariasi, dan konsentrasi awal yang tinggi.

Penemuan ini memberikan pandangan yang mendalam tentang potensi biochar, khususnya BMBC, sebagai solusi yang berkelanjutan untuk mengatasi pencemaran kromium dalam air. Penggunaan biochar yang diproses dengan magnetisasi tidak hanya efektif dalam penghilangan kromium, tetapi juga memiliki implikasi positif bagi lingkungan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat mendorong penggunaan teknologi biochar yang lebih luas dalam praktik pengelolaan air limbah untuk menjaga kesehatan lingkungan dan manusia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish