Menggali Potensi Biochar dan Mikroplastik dalam Mengatasi Pencemaran Tanah!

Menggali Potensi Biochar dan Mikroplastik dalam Mengatasi Pencemaran Tanah!

Dalam beberapa tahun terakhir, mikroplastik (MP) telah menjadi topik hangat di berbagai penelitian lingkungan. Selain menjadi ancaman serius bagi ekosistem laut, MP juga menjadi perhatian utama dalam kontaminasi tanah. Di sisi lain, biochar (BC), yang dikenal sebagai bahan ramah lingkungan, menawarkan solusi potensial untuk meningkatkan kualitas tanah yang terkontaminasi. Namun, bagaimana jika kedua bahan ini digabungkan? Peneliti mengeksplorasi efek gabungan dari BC dan MP pada penghilangan polutan organik dalam tanah yang terkontaminasi hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH) dan ester ftalat (PAE), serta memahami mekanisme ekologis mikroba yang mendasari proses ini.

Mikroplastik dan Dampaknya pada Tanah

Plastik, dengan berbagai keunggulannya seperti biaya rendah, ringan, dan tahan lama, telah menjadi bagian integral dari kehidupan kita sehari-hari. Sayangnya, penggunaannya yang meluas juga menyebabkan masalah lingkungan yang serius. Plastik yang lebih besar cenderung terurai menjadi potongan-potongan kecil yang dikenal sebagai mikroplastik, yang dapat menyerap polutan di permukaannya dan mengakumulasi mikroba patogen. Hal ini menimbulkan risiko besar bagi ekosistem melalui rantai makanan.

Salah satu sumber utama mikroplastik di tanah adalah penggunaan film plastik di lahan pertanian. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan plastik di tanah kebun rumah tangga bisa mencapai 40-60% dari permukaan tanah. Di beberapa wilayah, jumlah mikroplastik di tanah pertanian bahkan bisa mencapai 44.000 hingga 300.000 ton per tahun. Fragmen plastik yang dapat terdegradasi (DPF) telah diusulkan sebagai alternatif yang lebih ramah lingkungan, namun efek jangka pendek dan jangka panjangnya pada ekosistem masih perlu diteliti lebih lanjut.

Biochar: Harapan Baru dalam Pemulihan Tanah

Biochar, yang dihasilkan dari pembakaran bahan organik seperti kayu atau sisa tanaman dalam kondisi tanpa oksigen, dikenal memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas tanah. Biochar dapat meningkatkan adsorpsi dan degradasi polutan organik, sehingga mengurangi toksisitas mikroba dari polutan tersebut. Biochar juga dapat menyediakan perlindungan dan nutrisi bagi mikroorganisme tanah, menciptakan lingkungan yang lebih kondusif bagi kehidupan mikroba.

Penelitian menunjukkan bahwa biochar dapat mempercepat laju degradasi polutan organik dengan meningkatkan aktivitas mikroba atau pemanfaatan polutan organik oleh mikroba. Selain itu, biochar juga dapat melepaskan karbon organik terlarut (DOC) ke dalam larutan tanah, yang berperan penting dalam mengontrol aktivitas mikroba.

Kombinasi Biochar dan Mikroplastik: Sinergi dalam Mengatasi Polusi Tanah

Peneliti mengeksplorasi efek gabungan dari biochar (BC) atau biochar yang digiling bola (BM) dan fragmen plastik polietilen (PEPF) serta fragmen plastik yang dapat terdegradasi (DPF) pada penghilangan PAH dan PAE dari tanah yang terkontaminasi. Hasilnya menunjukkan bahwa kombinasi BC atau BM dengan PEPF dapat mempercepat penghilangan PAH dan PAE. Kombinasi PEPF dengan BM memiliki efek paling signifikan dalam penghilangan PAH.

Dua mekanisme utama yang diusulkan untuk peningkatan penghilangan polutan organik adalah tingkat adsorpsi yang tinggi pada PEPF dan BC serta peningkatan jumlah mikroba pengurai PAH atau PAE. Mikroplastik mampu mengakumulasi mikroba yang dapat mendegradasi polutan organik, sementara biochar menyediakan lingkungan yang mendukung bagi mikroba tersebut.

Temuan ini menyoroti potensi besar dari penggunaan biochar dalam kombinasi dengan mikroplastik untuk mengatasi pencemaran tanah. Efek sinergis dari kedua bahan ini tidak hanya meningkatkan penghilangan polutan organik tetapi juga mempengaruhi struktur dan fungsi komunitas mikroba tanah. Hal ini membuka peluang baru untuk strategi remediasi tanah yang lebih efektif dan berkelanjutan.

Penggunaan biochar dan mikroplastik dalam kombinasi menawarkan pendekatan inovatif dan menjanjikan untuk meningkatkan kualitas tanah yang terkontaminasi. Melalui penelitian yang berkelanjutan dan kolaborasi lintas disiplin, kita dapat menemukan solusi yang lebih baik dan berkelanjutan untuk masalah pencemaran tanah yang semakin mendesak. Biochar dan mikroplastik, ketika digunakan bersama, dapat menjadi alat penting dalam upaya global untuk melindungi dan memulihkan kesehatan ekosistem tanah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish