Mengungkap Misteri Biochar: Transformasi Biomassa Menjadi Senjata Ampuh Melawan Antimikroba Resistensi

Mengungkap Misteri Biochar: Transformasi Biomassa Menjadi Senjata Ampuh Melawan Antimikroba Resistensi

Biomassa lignoselulosa (LCB) sebagai sumber utama biochar, saat ini memegang peranan krusial dalam menghadapi tantangan global, terutama dalam penanganan antimikroba resistensi (AMR). Biochar, hasil dari pirolisis biomassa tanpa penambahan atmosfer yang mengoksidasi, terkenal sebagai adsorben serba bisa. Sifat poros alamiahnya memberikan biochar luas permukaan adsorptif yang tinggi, memungkinkannya menyerap berbagai bahan dari udara, air, dan tanah. Namun, daya tarik utamanya terletak pada kemampuannya mengatasi resistensi antimikroba (AMR).

Mengapa AMR Penting?

AMR merupakan ancaman serius bagi kesehatan global, yang diakibatkan oleh resistensi mikroorganisme terhadap antimikroba. Laporan pemerintah Inggris menyebutkan bahwa infeksi yang resisten terhadap antimikroba menyebabkan sekitar 700.000 kematian per tahun pada 2016, dan diperkirakan akan mencapai 10 juta kematian per tahun pada 2050. Faktor ini tidak hanya dipicu oleh penggunaan berlebihan dan tidak tepat antimikroba di bidang klinis, tetapi juga oleh interaksi mikroorganisme dengan antimikroba di lingkungan.

Biochar menjadi penolong dalam memerangi AMR dengan efektif menyerap bakteri dan antimikroba dari aliran air dan air limbah. Namun, kunci keberhasilan aplikasi biochar terletak pada morfologi char yang unik. Selama pirolisis, baik morfologi partikel maupun pori mengalami evolusi, dan inilah tempat biochar mengambil peran.

Dalam upaya mengungkap misteri evolusi morfologi biochar selama pirolisis, dilakukan penelitian menggunakan teknik pencitraan sinar-X sinotron in situ dan eks situ. Sumber sinar-X sinotron memberikan resolusi temporal dan spasial yang tinggi, memungkinkan pengamatan langsung evolusi morfologi partikel dan bed selama pirolisis biomassa. Penelitian ini, untuk pertama kalinya, membuka jendela baru untuk memahami perilaku biomassa selama pirolisis.

Biochar dan Masa Depan Lingkungan

Dengan potensi biochar sebagai alat untuk mengatasi AMR dan memurnikan lingkungan, penelitian lebih lanjut akan memberikan pemahaman yang lebih mendalam. Pengembangan model pirolisis biomassa yang canggih, berdasarkan pengamatan langsung evolusi morfologi, akan memungkinkan kita menyesuaikan morfologi biochar untuk aplikasi adsorpsi tertentu. Inovasi ini dapat menjadi kunci untuk menciptakan masa depan yang bersih dan aman dari ancaman antimikroba resistensi.

Biochar, produk dari pirolisis biomassa, membawa harapan baru dalam pertempuran melawan antimikroba resistensi dan pencemaran lingkungan. Melalui penelitian yang terus-menerus, kita dapat membuka potensi penuh biochar untuk menciptakan solusi berkelanjutan yang menjaga kesehatan global dan keberlanjutan lingkungan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish