Optimalkan Limbah Pertanian dengan Biochar!

Optimalkan Limbah Pertanian dengan Biochar!

Pemanfaatan limbah pertanian sebagai sumber bahan baku yang bernilai tinggi semakin mendapat perhatian besar dalam upaya menjaga keberlanjutan lingkungan. Salah satu inovasi menarik yang tengah dikembangkan adalah penggunaan biochar, sebuah bahan yang dihasilkan dari proses pirolisis limbah pertanian, sebagai katalis yang efektif dalam mengatasi masalah polusi organik.

Biochar, yang dihasilkan dari pirolisis pith bambu rafia pada berbagai suhu (BC3, BC5, dan BC7), menjadi perhatian oleh para ilmuwan. Dalam eksperimen mereka, teknologi plasma gliding arc non-termal digunakan untuk menghasilkan material hibrida α-FeOOH@biochar. Langkah-langkah tersebut membuka jalan bagi pemanfaatan limbah pertanian dan udara atmosfer secara bersamaan untuk produksi katalis heterogen secara hijau.

Dalam konteks pengembangan biochar, penelitian menunjukkan bahwa plasma gliding arc dapat menghasilkan modifikasi struktural yang signifikan pada biochar, termasuk hidroksilasi substansial dan doping N ringan, yang meningkatkan kinerja katalitiknya. Hasil uji coba menunjukkan bahwa material hibrida yang dihasilkan mampu meningkatkan efisiensi abatemen dan menurunkan waktu setengah dalam proses degradasi oksidatif nitroresorsinol, sebuah polutan organik yang umum di industri polimer.

Penggunaan biochar sebagai katalis heterogen memberikan contoh nyata bagaimana limbah pertanian dapat diubah menjadi bahan bernilai tambah yang mendukung keberlanjutan lingkungan. Potensi biochar dalam remediasi lingkungan, khususnya sebagai adsorben dan katalis, memberikan harapan besar dalam menciptakan solusi yang ramah lingkungan dan efektif dalam mengatasi polusi.

Dengan demikian, inovasi seperti penggunaan biochar dalam teknologi plasma gliding arc menunjukkan bahwa kita dapat memanfaatkan limbah pertanian dengan cara yang efektif dan berkelanjutan, menjadikannya bagian integral dari upaya global menuju masa depan yang bersih dan hijau.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish