Pengembangan Teknologi Baru: Biofiltrasi Efisien untuk Menangkap dan Menghilangkan Racun Cyanobacterial dari Air!

Pengembangan Teknologi Baru: Biofiltrasi Efisien untuk Menangkap dan Menghilangkan Racun Cyanobacterial dari Air!

Bunga cyanobacterial yang beracun telah menjadi masalah serius di perairan permukaan di seluruh dunia, terutama karena perubahan iklim dan eutrofikasi air. Mikrocystin (MC) adalah salah satu racun yang paling umum dan berbahaya yang dihasilkan selama bunga cyanobacterial. Konsentrasi MC dalam air tawar sering kali jauh melampaui batas pedoman sementara yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk air minum. Penelitian di Amerika Serikat dan Kanada menunjukkan bahwa konsentrasi MC bahkan bisa mencapai ribuan kali lipat dari batas yang direkomendasikan. Dari berbagai varian MC, mikrosistin-LR (MC-LR) adalah yang paling umum dan beracun, memiliki dampak buruk pada kesehatan manusia.

Dalam menanggapi masalah ini, biodegradasi bakteri telah muncul sebagai metode yang menjanjikan untuk menghilangkan MC-LR dari air. Bakteri alami atau konsorsium bakteri telah diidentifikasi sebagai agen yang efektif dalam mengurai MC-LR. Namun, biodegradasi memerlukan waktu yang cukup lama, sementara proses biofiltrasi air memiliki waktu retensi yang lebih singkat. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan yang dapat meningkatkan waktu retensi MC-LR selama proses biofiltrasi tanpa mengorbankan efisiensi filtrasi air.

Penelitian tentang materi untuk menangkap biotoksin seperti MC-LR menunjukkan bahwa banyak adsorben alami telah diuji untuk tujuan ini. Namun, masalah muncul karena adsorben tersebut cenderung menyerap tidak hanya MC-LR, tetapi juga bahan organik alami (NOM) dan ion anorganik lainnya yang hadir dalam air tawar. Hal ini dapat mengurangi efisiensi penangkapan MC-LR oleh adsorben. Oleh karena itu, pengembangan bahan yang dapat secara selektif menangkap MC-LR menjadi hal yang penting.

Salah satu pendekatan yang menjanjikan adalah penggunaan hidrogel kationik. Hidrogel ini telah terbukti menjadi adsorben yang kuat untuk kontaminan anionik lainnya, dan integrasinya dengan biochar (BC) dapat meningkatkan efektivitasnya. BC tidak hanya memberikan dukungan struktural yang kuat untuk hidrogel, tetapi juga menawarkan situs aktif yang dapat menangkap MC-LR. Dengan menggabungkan hidrogel kationik dan BC, kita dapat menciptakan sistem yang efisien dan selektif dalam menangkap dan menghilangkan MC-LR dari air.

Dengan tujuan pengembangan bahan fungsional untuk meningkatkan biodegradasi MC-LR selama proses biofiltrasi, penelitian ini bertujuan untuk mensintesis dan mengkarakterisasi komposit hidrogel–BC, mengevaluasi kemampuannya dalam menangkap MC-LR dengan mempertimbangkan keberadaan bahan-bahan bersaing lainnya dalam air, serta menyelidiki mekanisme interaksi antara MC-LR dengan komposit tersebut, dan dengan pendekatan yang tepat dan penggunaan teknologi yang inovatif, kita dapat mengatasi tantangan yang dihadapi oleh toksin berbahaya seperti MC-LR dalam air, dan menjaga kualitas air yang aman bagi masyarakat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish