Potensi Biochar sebagai Solusi Ramah Lingkungan untuk Penyimpanan Energi!

Potensi Biochar sebagai Solusi Ramah Lingkungan untuk Penyimpanan Energi!

Supercapacitor telah menjadi sorotan dalam dunia penyimpanan energi, menawarkan umur pakai yang panjang, waktu pengisian yang singkat, dan keselamatan yang luar biasa. Kategori superkapasitor yang berbeda menawarkan pendekatan unik dalam menyimpan energi, salah satunya adalah menggunakan bahan elektroda berbasis karbon seperti karbon teraktivasi. Salah satu sumber karbon yang menarik untuk diperhatikan adalah biochar, yang berasal dari limbah biomassa alami dan telah menunjukkan potensi besar dalam aplikasi penyimpanan energi.

Biochar, dengan keunggulan biaya rendah, ketersediaan yang melimpah, dan sifat elektrokimia yang superior, telah menarik perhatian dalam riset energi terbarukan. Proses transformasi limbah biomassa menjadi biochar memberikan luas permukaan yang besar dan banyak situs elektroaktif untuk reaksi redoks dan akumulasi muatan, menjadikannya sebagai kandidat menarik untuk digunakan dalam superkapasitor.

Salah satu inovasi terbaru adalah penggabungan biochar dengan oksida logam seperti CuO. Kombinasi ini menghasilkan elektroda dengan kapasitas penyimpanan muatan yang ditingkatkan dan stabilitas yang lebih baik. CuO tidak hanya meningkatkan kapasitas penyimpanan energi, tetapi juga bertindak sebagai katalis untuk reaksi kimia yang dapat mendegradasi atau mengubah senyawa berbahaya, seperti polutan organik atau pewarna.

Pemanfaatan alga sebagai sumber biomassa untuk menghasilkan biochar juga menarik perhatian. Alga memiliki efisiensi fotosintesis yang tinggi dan membutuhkan sedikit lahan, menjadikannya sumber biomassa yang berkelanjutan. Melalui proses karbonisasi, alga dapat menghasilkan biochar yang didoping dengan nitrogen, meningkatkan sifat elektrokimia dan kinerja penyimpanan energi biochar.

Penelitian menemukan bahwa CuO yang dikombinasikan dengan biochar dari alga memiliki potensi besar dalam aplikasi superkapasitor. Metode karakterisasi seperti UV/Visible, FT-IR, XRD, SEM, EDX, TGA, HRTEM, dan BET digunakan untuk mempelajari sifat kristalin dan morfologi dari komposit CuO@BC. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komposit ini menawarkan kapasitas penyimpanan energi yang signifikan dan stabilitas siklus yang baik, dengan menggabungkan keunggulan biochar dan CuO dalam aplikasi penyimpanan energi, kita dapat menciptakan solusi yang ramah lingkungan, ekonomis, dan efisien untuk masa depan energi yang berkelanjutan. Dengan terus mengembangkan teknologi ini, kita dapat mempercepat transisi ke sistem energi yang lebih bersih dan berkelanjutan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish