Simak Berikut Dasar-dasar Dari Biochar!

Simak Berikut Dasar-dasar Dari Biochar!

Emisi gas rumah kaca manusia adalah akar penyebab perubahan iklim, yang memengaruhi keseimbangan alami Bumi. Efek perubahan iklim kemungkinan besar mencakup kenaikan suhu, kenaikan permukaan laut, pengasaman laut, dan peningkatan frekuensi dan tingkat keparahan peristiwa cuaca ekstrem (misalnya kekeringan dan banjir), dan hal ini sudah berdampak signifikan terhadap masyarakat di seluruh dunia. Banyak upaya dilakukan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca, tetapi tidak semua industri dapat menjadi netral karbon dengan cukup cepat. Karena itu, kita perlu menghilangkan karbon dari atmosfer dan menguncinya secara permanen untuk memenuhi target emisi (misalnya Net Zero pemerintah Inggris pada tahun 2050). Ini disebut penghilangan gas rumah kaca dan salah satu teknologi yang memungkinkan ini adalah biochar.

Biochar adalah produk pirolisis, atau pemanasan tanaman dan bahan organik lainnya di bawah kondisi oksigen rendah antara 400 – 1000°C. Pirolisis mengubah bahan tanaman menjadi produk kaya karbon dengan peningkatan stabilitas dan umur panjang. Di masa lalu, manusia terutama mengeksplorasi biochar sebagai alat perbaikan tanah pada tanah yang terdegradasi. Ada bukti bahwa itu digunakan untuk tujuan ini sejak 450 SM di lembah Amazon. Namun, mengingat potensi biochar untuk bertahan ratusan (atau bahkan ribuan) tahun di dalam tanah, sekarang sedang dipertimbangkan sebagai pendekatan penyerapan karbon. Karena karbon yang ditangkap sepanjang hidup tanaman dicegah mengalami dekomposisi alami, ia berhenti dilepaskan kembali ke atmosfer sebagai karbon dioksida.

Salah satu tujuan utama Demonstrasi Biochar adalah untuk mengeksplorasi bagaimana biochar dapat diterapkan pada lahan pertanian, dalam skala besar, dan menyerap karbon ini di dalam tanah. Inggris Raya memiliki 17,6 juta hektar lahan pertanian sehingga menerapkan biochar ke tanah ini dapat membantu mengurangi karbon ekonomi Inggris, mengatasi perubahan iklim, dan berpotensi meningkatkan kesehatan tanah. Dengan menggunakan lokasi padang rumput di Universitas Bangor, dan lokasi tanam subur di Universitas Nottingham, sekelompok peneliti mengeksplorasi hambatan penyebaran biochar dan akan mengidentifikasi manfaat tambahan, seperti peningkatan produktivitas tanaman.

Tanah tersebut menyediakan berbagai jasa ekosistem, ini adalah manfaat yang diperoleh masyarakat dari lingkungan alami dan ekosistem yang sehat. Misalnya, mendukung penyediaan tanaman, keanekaragaman hayati, dan penyerapan karbon. Aplikasi biochar dapat memiliki efek fisik dan kimia pada tanah, yang bervariasi antara tanah yang berbeda dan bergantung pada jenis biochar yang digunakan. Biochar juga dapat mengubah tekstur tanah, kapasitas menahan air, tingkat siklus pH dan nutrisi, di antara banyak karakteristik tanah lainnya. Dampak ini kemudian dapat menyebabkan perubahan biologi tanah. Karena itu, Demonstran Biochar mengambil pendekatan holistik dalam memahami bagaimana biochar dapat berdampak pada tanah dan fungsi yang diberikannya.

Menggunakan uji coba jangka panjang, dengan pemantauan selama tujuh tahun dan 200 ton biochar diterapkan selama durasi proyek, demonstran akan mengeksplorasi dampak biochar pada fungsi ekosistem tanah, serta mengeksplorasi ketahanan dan stabilitas biochar itu sendiri. Para peneliti di Inggris telah merencanakan program kerja lapangan yang akan dilakukan selama durasi proyek, yang mencakup spektrum yang luas dari jenis tanah Inggris dan penggunaan lahan (termasuk kehutanan, padang rumput, dan lahan pertanian subur, serta tanggul rel kereta api dan lahan yang terkontaminasi). Lokasi pertanian yang dipilih juga akan mencakup praktik pertanian yang berbeda, misalnya pertanian sampai dan tidak sampai. Dengan pekerjaan ini mereka akan memperluas pemahaman kami tentang efek pemuatan biochar pada kesehatan tanah dan tanaman, berpotensi membuka jalan untuk adopsi dan penerapan skala yang lebih luas untuk membantu Inggris mencapai Net Zero.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish