Teknik Mengungkap Misteri Nanoscale Zero-Valent Iron (NZVI) dalam Biochar Supported NZVI (NZVI/BC) untuk Tingkatkan Kinerja Remediasi Pencemar!

Teknik Mengungkap Misteri Nanoscale Zero-Valent Iron (NZVI) dalam Biochar Supported NZVI (NZVI/BC) untuk Tingkatkan Kinerja Remediasi Pencemar!

Nanoscale zero-valent iron (NZVI) telah menjadi pahlawan dalam memerangi pencemaran lingkungan, namun saat ini, ada suatu upaya untuk memperbaiki kehebatannya dengan menggabungkannya dengan biochar (BC). NZVI, bahan ramah lingkungan yang telah terbukti efektif dalam mengurangi berbagai kontaminan seperti Cr(VI), As(V), nitrat, dan organik berkhlorinasi, kini diperkuat dengan bantuan BC untuk meningkatkan kemampuannya dalam remediasi pencemar.

Sebelumnya, para ilmuwan menemukan bahwa BC mendukung NZVI (NZVI/BC) memiliki kemampuan yang lebih baik dalam mengurangi polutan daripada NZVI murni. Namun, masih ada misteri yang perlu dipecahkan, yakni di mana sebenarnya lokasi NZVI dalam struktur NZVI/BC?

Dua teknik mikroskopi elektron, SEM dan P-TEM, telah digunakan untuk mengungkap lokasi NZVI dalam NZVI/BC. Namun, kedua teknik ini memiliki keterbatasan. SEM hanya mampu memvisualisasikan permukaan sampel, sementara P-TEM sering mengalami masalah tumpang tindih sinyal dari permukaan atas dan bawah sampel.

Untuk mengatasi tantangan ini, sebuah teknik revolusioner, yaitu Cross-Sectional Transmission Electron Microscopy (C-TEM), diterapkan. Teknik ini memungkinkan pengamatan langsung dari potongan tipis interior sampel, menghasilkan gambaran yang lebih jelas dari struktur interior NZVI/BC tanpa adanya interferensi dari sinyal permukaan.

Selain itu, eksperimen reduksi Fe(OH)2 dan Fe(OH)3 oleh NaBH4 juga dilakukan untuk memahami apakah Fe(OH)2 atau Fe(OH)3 yang diserap pada BC dapat direduksi oleh NaBH4. Hasil eksperimen ini akan memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang mekanisme yang mendukung kinerja lebih baik NZVI/BC dalam mengurangi kontaminan.

Dengan menggabungkan teknologi canggih seperti C-TEM dengan eksperimen lapangan dan analisis kimiawi, para peneliti bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang lokasi NZVI dalam NZVI/BC dan menjelaskan mekanisme yang mendukung kinerja lebih baik NZVI/BC dalam mengurangi kontaminan.

Langkah ini akan membawa kita lebih dekat pada pengembangan solusi remediasi yang lebih efektif dan berkelanjutan untuk melindungi lingkungan dan kesehatan manusia. Kita bisa terus menggali pengetahuan dan inovasi dalam bidang ini, dan dapat menciptakan dunia yang lebih bersih dan lebih aman untuk generasi mendatang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish